2011-09-17

Tes Ketangguhan Browser

 

Oleh Yon Yin ·

Kembali lagi dengan documenter saya , kali ini kita sedikit bermain dengan browser yang kita pake saat ini, tapi bukan seperti kebanyakan orang buat , seperti mempercepat, atau gratisan, kalo documenter macam itu sih udah banyak beredar dimana-mana, tapi kali ini saya ulas tentang seberapa tangguh sih browser yang kamu pake, untuk pemula yang silahkan baca terus ya, untuk menambah wawasan kamu, tapi bagi para master saran saya berhenti membaca documenter saya ini cukup disini, karena bisa membuat capek baca tapi ilmu anda enggak bertambah, dan documenter saya ini belum ada apa-apa nya dibandingkan dengan ilmu kalian saat ini.

Diskripsi documenter

Tidak bisa disangkal memang jika saat ini nama browser yang paling dikenal didunia dan khususnya Indonesia adalah Internet Explorer yang di singkat IE atau Mozilla FireFox dan Opera serta masih banyak lagi browser bertebaran di internet hanya untuk menikmati kenyamanan saat bermain di internet disebut juga dunia maya.

kata orang dulu bilang tak kenal maka tak sayang, dengan melakukan uji tes kali ini kita coba mengenal seberapa tangguh nya sih browser yang kita pake , karena banyak sekali tindakan di dunia maya yang enggak bisa kita lihat dengan kasat mata, mulai dari malware, worm, Trojan sampai hacker, bahkan ada craker pula, mereka sudah menguasai user hanya dengan mengandalkan browser.

cara pengujian

Cara saya menguji tidak ada yang jauh beda dengan yang dilakukan dari situs-situs referensi yang saya dapatkan. Ditambah dengan sedikit modifikasi, seperti penambahan add-ons yang bisa dipake oleh user.

semua pengujian itu saya gabungkan dengan standar uji yang dimiliki oleh situs The Web Standards Project yang sudah menjadi patokan umum untuk sebuah browser, dimana teknologi yang dimiliki oleh browser tersebut baru bisa dikatakan sempurna jika sudah bisa menjalankan tes dari situs tersebut dengan baik dan tanpa hambatan apapun. Beberapa tes standar yang saya lakukan adalah Acid2 Browser Test dan Acid3 Browser Test, dan tambahan tes yang menurut saya wajib dilakukan oleh setiap browser adalah CSS3, untuk mengujianya kalian harus tersambung dengan internet dan buka link dibawah ini akan otomatis menguji browser yang sedang kamu pake.

1.       http://www.webstandards.org/files/acid2/test.html#top

                                               atau

http://www.webstandards.org/files/acid2/reference.html

2.       http://acid3.acidtests.org/

3.       http://tools.css3.info/selectors-test/test.html

                                                atau

http://tools.css3.info/selectors-test

  dan klik tes

Gambar Hasil Tes:

Gambar: Tes Acid2

gambar di atas adalah gambar tes Acid2 yang di lakukan pada mozilla bila gambar smile di browser anda buram berarti browser kamu enggak lolos dengan baik.

Gambar: Tes Acid3

gambar yang ini adalah gambar tes pada Acid3 semakin tinggi angka dari 100 tes yang di lakukan pada Acid3 berarti semakin bagus browser anda.

Gambar: Tes CSS3

gambar kali ini adalah tes pada CSS3 disitu akan tampak kolom yang berwarna hijau bila ada yang berwarna merah bila terjadi kekurangan , jadi hitung sendiri ya berapa warna hijau dan merahnya.

nah setelah kalian tau seberapa tangguh nya browser yang kamu pake , kamu bisa membandingkan nya sendiri dengan install semua browser dan lakukan uji tes setelah itu bandingkan lalu hapus deh yang menurut kamu enggak sesuai hati. Jadi enggak susahkan membandingkan nya..