2011-09-25

Mengganti Huruf Di Data ExcelMengganti Huruf Di Data Excel

  •  

    Oleh Deni Hendraya

    Jika kita sering mendapat data dari orang lain, terkadang format data yang kita dapatkan belum tentu sesuai dengan keinginan kita terutama format data-nya. Misalnya jika kita mempunyai format data JG02340234 sedangkan data aslinya memakai format JG-0234-0234 tentu hal ini akan membuat format yang telah kita rencanakan bisa kacau. Merubahnya satu-persatu tentu bukan suatu ide yang baik, apalagi jika jumlah barisnya mencapai ratusan atau bahkan ribuan.

    Nah, untungnya Excel sudah menyediakan satu fungsi yang bisa membuat kita me-replace dan mengganti karakter yang tidak kita inginkan menjadi karakter yang kita harapkan. Dan ini akan membuat efisien pekerjaan kita.

    Rumus tersebut adalah SUBSTITUTE. Pemakaian SUBSTITUTE sebagai berikut SUBSTITUTE(teks_asal; huruf_yang_akan_diganti; huruf_pengganti; opsi). Untuk field opsi bersifat optional, jika anda tidak mengisinya maka semua karakter di teks asal akan di ganti dengan karakter yang telah anda pilih. Untuk penggunaan biasanya saya mengosongkan opsi ini karena biasanya saya me-replace setiap karakter di teks awal dengan karakter pilihan saya. Tapi jika anda ingin mengganti karakter pertama saja yang di temukan, isilah dengan angka 1 dan jika ingin mengganti karakter kedua saja yang ditemukan, isilah dengan angka 2 dan seterusnya. Perlu diingat karena tipe data yang dibaca dan dihasilkan adalah teks, anda perlu menambahkan karakter petik ganda (“) di awal dan akhir huruf_yang_akan_diganti dan huruf_pengganti.

    Sebagai contoh, jika anda mempunyai teks GR 0123 0422 dan ingin mengubah format tersebut menjadi GR-0123-0422 maka kita perlu mengganti karakter spasi menjadi -. Dan saya beranggapan teks aslinya di taruh di cell A1, maka rumus yang perlu anda tuliskan adalah sebagai berikut =SUBSTITUTE(A1; " "; "-"). Dan lihat hasilnya…

  •