2011-09-08

Cara membuat database web blog di komputer lokal

 

Untuk membuat web blog dengan wordpress ini saya anggap rekan blogger sudah paham melakukan install dan menggunakan apache dan mysql pada komputer lokal. Jika belum silahkan baca cara artikelCara Install Apache dan MySQL dalam Paket XAMPP.

Pertama dowload wordpress terbaru dari alamat resminya dihttp://wordpress.org/latest. zip dan simpan di drive lokal komputer anda. Ingat folder wordpress ini di simpan di folder khusus sebagai master dari wordpress untuk membuat web blog anda selanjutnya.

Copy folder wordpress yg sudah di download tadi ke dalam folder C:\XAMPP\HTDOCS\ kemudian ubah nama folder yang sebelumnhya wordpress menjadi nama web blog anda, misalnya saya hendak membuat web blog dengan nama BELAJARJAVA, maka saya harus me-rename folder wordpress tadi dengan cara klik kanan pada folder worpress kemudian pilih rename selanjutnya ketik nama baru yakni BELAJARJAVA dan tekan ENTER.

Folder BelajarJava ini akan diketikan pada address Web Browser kita seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Tapi sebelum melakukan installasi wordpress dari browser terlebih dahulu buat sebuah database di pypmyadmin.

Cara membuat database web blog

1. Jalankan web browser anda (mozilla, IE atau lainnya) kemudian

2. Ketik pada address bar browser sebagai berikut : //localhost/phpmyadmin kemudian tekan ENTER

3. Ketik nama databasenya (contoh : BelajarJavaDB) pada Create new database

4. Klik tombol Create

5. Bila muncul pesan Database BelajarJavaDB has been created, maka proses pembuatan database sudah berhasil.

Selanjutnya ikuti langkah pertama untuk installasi wordpress

1. Buka folder wordpress yg sudah diubah menjadi BelajarJava tadi dan temukan sebuah file bernama wp-config-sample.php

2. Edit/perbaiki/ubah isi file wp-config-sample.php dengan macromedia dreamwaver atau bisa saja menggunakan notepad bawaan windows.

3. Cari tulisan di dalam file wp-config-sample.php seperti berikut :

define('DB_NAME','database_name_here'); dan ganti menjadi define('DB_NAME','BelajarJavaDB'); define('DB_USER','username_here'); dan ganti menjadi define('DB_NAME','root'); define('DB_PASSWORD','password_here'); dan ganti menjadi define('DB_NAME',''); (hapus kata password_here hingga tinggal tanda petiknya saja)

4. Ubah nama file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php

Berikut cara Installasi Wrodpress

1. Jalankan Web Browser

2. Ketik pada address bar sebagai berikut : //localhost/BelajarJava kemudian ENTER

3. Ketik Judul Web Blog anda pada Site Title, misalnya Belajar Java

4. Ketik username untuk nantinya digunakan dalam mengelola web blog anda pada Username, misalnya BIKPemula atau gunakan standard yaitu Admin.

5. Ketik dua kali password anda pada kedua kotak Password, twice

6. Ketik alamat email anda pada Your E-mail, misalnya bikpemula@gmail.com

7. Klik tombol Install Wordpress

8. Setelah muncul pesan Success!, klik Log In

9. Masukan username dan password anda yg barusan anda buat

10. Klik Log In untuk memulau blogging atau menulis artikel di blog

Sampai di sini proses installasi web blog wordpress sudah selesai, untuk membuktikannya silahkan coba jalankan web blognya di browser anda dengan mengetik : //localhost/BelajarJava dan ENTER, maka akan tampil sebuah website yg barusan anda isntall.

Selanjutnya tinggal melengkapi web blog anda dengan menulis artikel pertama di web blog anda, bila belum tau cara menulis artikel di wordpress tunggu artikel berikutnya tentang cara menulis artikel di blog.

Bila web blog sudah selesai dibuat silahkan upload ke web server online dengan memanfaatkan hosting gratis yang banyak bertebaran di internet silahkan pilih salah satu hosting yang terbaik menurut anda, baik hosting gratis maupun hosting berbayar.

sumber : http://belajar-ilmu-komputer.blogspot.com/2011/03/cara-ins

tall-dan-membuat-web-blog.html