2011-08-12

Windows Cepat Tanpa Indeks

Diskripsi masalah:

Melalui layanan indeks. Pencarian terhadap ribuan dan bahkan jutaan file dapat berlangsung dengan sangat cepat. Tapi juga harus diketahui , kegiatan indeks untuk keperluan pencarian ini cukup membebani system, karena kegiatan nya yang berlangsung di belakang layar, meski kamu tidak melakukan pencarian , layanan ini terus-menerus mengindeks file.

Untunglah fitur pencarian ini bukan persyaratan untuk menggunakan fitur windows search. Itu artinya, jika kamu jarang melakukan pencarian , fitur indeks dimatikan . Mematikan fitur indeks ini tentu saja bisa mengakibatkan pencarian  file membutuhkan waktu  yang lebih lama, tapi secara keseluruhan penonaktifan  ini. Menghemat memori dan beban prosesor kamu untuk menjalankan aplikasi di belakang  layar.

Solusi :

Ikuti langkah-langkah ini untuk menonaktifkan layanan indeks:

  1. Klik  tombol “Start” >> “Run” ketik “services.msc” pada kolom pencarian , dan tekan “Enter”, perintah ini akan menampilkan jendela services.
  2. Setelah jendela sevices terbuka, carilah layanan windows search, fitur inilah yang mengatur fasilitas pencarian di windows , klik kanan layanan ini dan pilih “Stop”.
  3. Setelah layanan berhenti bekerja, pastikan layanan tersebut tidak akan aktif lagi dengan mengklik kanan layanan Windows search dan pilih “Properties”.
  4. Pada menu drop down Change the Startup type, ubah opsi Automatic menjadi “Disabled”.
  5. Tekan “OK” untuk menutup jendela

By : PC PLUS

catatan: kembali saya ingatkan pada user kalo trik ini mempunyai efek bisa mengakibatkan pencarian  file membutuhkan waktu  yang lebih lama