2011-08-17

Tingkatkan Performa Wi-Fi / Hotspot

 

Diskripsi masalah:

Coba pertahankan sinyal wireless di pojok kanan bawah layarmu. Kalau sinyalnya penuh, kamu akan mendapatkan kualitas transfer terbaik yang bias diberikan access point. Tapi kalo sinyal bar tidak penuh, kecepatan transfernyan pasti  akan turun. Semakin rendah bar yang di tampilkan, semakin rendah pula kualitas koneksinya.

Solusi:

Kalo kamu ingin mendapatkan kualitas sinyal yang optimal, cobalah beberapa tips berikut:

  1. Posisikan acces point ( AP ) di tengah ruangan.

    Usahakan untuk tidak meletakkan di dinding atau terhalang kaca.

  2. Jangan letakkan AP di lantai dan jauhkan dari dinding dan benda logam.
  3. Ganti antena AP.

    Antena yang disertakan AP di desain untuk menjadi omni-directional, artinya mereka disebarkan ke segala penjuru di sekitar AP. Jika AP dekat dengan jendela, sinyal keluar rumah akan jadi kencang. Sebagian AP punya antena permanen yang tidak bias diganti, tapi kamu masih bisa mengarahkan kearah tertentu.

  4. Ganti kartu wireless LAN computer.

    kualitas kartu wireless yang tertancap di komputer menentukan kualitas koneksi yang di dapat. Pernah tidak menemui  2 komputer di lokasi yang sama tapi yang satu komputer  menemukan banyak AP di sekitar dan komputer  yang persis disebalahnya hanya menemukan sedikit , itu akibat kualitas kartu wireless masing-masing. Gunakan kartu wireless yang berkualitas untuk mendapatkan kualitas koneksi terbaik.

  5. Tambahkan repeater bila ingin area akses yang luas.

    wireless repeater memperluas  jangkauan jaringan nirkabel tanpa harus menambahkan kabel. Tempatkan perangkat ini di tengah-tengah AP wireless dan komputer.

  6. Ganti kanal wireless.

    kanal standar yang digunakan banyak perangkat dapat menyebabkan interferensi. Untuk mendapatkan kualitas yang baik, gunakan kanal yang berbeda dari yang lain, penggantian saluran router nirkabel dapat dilakukan melalui halaman konfigurasi router.

  7. Kurangi penggunaan perangkat nirkabel lain.

    jika kamu menggunakan telepon tanpa kabel atau elektronik nirkabel lain yang beroperasi di frekuensi 2,4GHz, computer akan mengalami gangguan koneksi. Sebaiknya cari telepon tanpa kabel yang menggunakan frekuensi lain.

  8. Update firmware access point dan driver wireless LAN.

    produsen biasanya rutin memperbarui driver atau firmware. Update driver dan firmware dapat meningkatkan performa perangkat. Untuk mendapatkan update firmware atau driver terbaru, kunjungi situs web produsen perangkat.

  9. Usahakan menggunakan peralatan dari satu vendor.

    beberapa vendor menawarkan kinerja yang lebih baik jika AP atau kartu jaringan wireless menggunakan teknologi yang sama dari satu vendor.

  10. Upgrade pernagkat ke 802.I I n.

    untuk mendapatkan kecepatan tertinggi, gunakan teknologi wireless 80l.l l n baik di AP atau kartu jaringan wireless

By: PC PLUS