2011-08-12

Cepat Shut Down

 

Diskripsi masalah:

Anggap saat ini kamu membuka banyak aplikasi sekaligus di Windows. Kemudian karena suatu hal kamu ingin mematikan computer. Tentu tidak praktis jika kamu harus mematikan progam-progam yang sedang aktif satu-persatu secara manual. Baru kemudian melakukan shut down bukan.

Sebagai jalan pintas, computer bisa langsung dimatikan langsung dari menu start.

Cara itu tidak salah, tapi “kemalasan” kamu harus dibayar dengan waktu shut down yang lebih lama, ini disebabkan Windows harus mematikan semua progam yang kamu buka terlebih dahulu, beum lagi ada waktu tunggu yang terjadi jika ada progam yang tidak merespons.

Solusi masalah:

Nah agar proses shut down bisa berlangsung lebih cepat, silahkan utak-atik sedikit registry.

  1. Klik “Start” >> “Run” lalu ketik “regedit” pada kolom.
  2. Masuklah ke subkey:

My Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\System\ControlSet001\Control

  1. Klik dua kali string value bernama “WaitToKillServiceTimeOut” di bagian kanan jendela
  2. Ubah value data nya bernilai 20000 dengan nilai “100.” Angka ini adalah batas time out dalam satuan milidetik. Artinya, jika dalam waktu 100 milidetik tidak ada respons, maka progam akan di matikan secara paksa.
  3. Sampai disini progam dapat diakhiri lebih cepat, tapi masih ada satu masalah lagi, jika progam melampaui  batas time out nya biasanya akan muncul hambatan berupa kotak dialog yang mewajibkan kamu mengklik tombol “End Task”. Kamu dapat mengatasinya dengan masuk ke subkey: “My Computer\HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\.
  4. Dibagian kanan jendela, kamu akan menemukan AutoEndTask. Pastikan value data dari string value tersebut bernilai “1
  5. Tutup Registry Editor, lalu restart Windows

sumber : PC plus