2011-08-23

Matikan Netbook Saat Ditutup

 

Diskripsi masalah:

Fitur tidur (hibernation) menjadi andalan untuk mematikan netbook dengan cepat. Namun fitur ini ternyata tidak bias membuat computer langsung siap pakai begitu dinyalakan. Ada proses booting dan loading file yang membutuhkan waktu agak lama.

Di Windows Vista, Fitur hibernate telah dikembangkan. Keunggulan fitur hibernate di gabungkan dengan kecepatan “bangun” dari fitur stand by. Hasilnya adalah fitur baru bernama sleep. Fitur ini mampu membuat computer tidur dengan cepat begitu engsel netbook ditutupkan. Hebatnya computer bias langsung siap digunakan begitu cover netbook dibuka.

Solusi:

Nah, jika kamu ingin segera mencoba fitur baru ini, ikuti langkah dibawah ini:

  1. Klik tombol bulat berlogo “Windows” (start), kemudian pilih “Control Panel”.
  2. Di jendela Control Panel, pilih “Hardware and sound”.
  3. Di bawah opsi “Power Options”, pilih “Change what the power buttons do”.
  4. Kamu akan dibawa ke jendela “Define power buttons and turn on password protection”. Cari baris “When l close the lid”, kemudian ubah posisi menu drop-down pada kolom “On battery” dan “Plugged in” menjadi “Sleep”. Penggantian opsi pada kedua menu drop-down ini akan membuat netbook langsung tidur begitu kamu menutupnya. Tak peduli ia sedang tersambung listrik atau sedang menggunakan asupan daya dari battery.
  5. Demi menjaga keamanan system, pastikan opsi “Require a password” pada bagian “Password protection on wake up” terpilih.
  6. Setelah itu klik “Save Changes” untuk menyimpan perubahan yang telah kamu lakukan.
  7. Terakhir, tutup jendela “Control Panel”.
  8. Untuk mencoba perubahan, coba tutup netbook beberapa saat dan buka lagi sesaat kemudian. Lihat perbedaanya.

By: PC PLUS