2011-11-11

Membuat Mini windows XP boot dari Flash Disk

Disini saya mengajak pembaca untuk membuat Flashdisk agar bisa digunakan untuk menyimpan sistem operasi mini yaitu mini Windows XP dan dapat diboot langsung dari Flashdisk. Kegunaan mini windows ini sangat banyak manfaatnya terutama bagi komputer atau netbook yang tidak memiliki CD/DVD rom. Pada bahasan ini akan dibuat Flashboot yang lebih stabil dan memiliki tool-tool yang sangat bermanfaat untuk maintenance atau recovery sebuah PC.

Pada tulisan ini saya menggunakan Hiren boot CD sebagai bahan untuk membuat usb flash boot. Ini dikarenakan pada Hiren boot CD terdapat puluhan aplikasi yang sangat berguna. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Flashboot

1. Download terlebih dahulu file image Hiren Boot CD

2. Ekstak file Hirens.BootCD.10.0.zip. Didalamnya akan ada banyak file, yang akan kita gunakan adalah file yang berekstensi .iso. Jika anda hanya akan bembuat bootable CD maka anda cukup burning file iso ini.

3. Download usb_format.zip (34kb) dan grub4dos.zip (147 kb)

4. Ektrak file usb_format.zip kemudian jalankan file didalamnya

usb format

5. Klik sesuai urutan yang tertulis diatas

6. Selanjutnya ekstrak file grub4dos.zip dan jalankan file didalamnya

Grub instal

7. Klik juga sesuai urutan diatas

8. Selanjutnya dari hasil ekstrak file grub4dos.zip copy file grldr dan menu.lst kedalam flash disk

USB Boot

9. Flash disk siap di boot. Perhatikan setingan bios dari komputer, pastikan urutan boot atau boot priority flashdisk diurutan teratas.

Selamat Mencoba


WebRepOverall rating

sumber : BUKAN PC + elektronik