2011-01-16

Pulihkan Registry Windows


Kerusakan tiba-iba pada registry atau kesalahan menyunting registry dapat mengakibatkan windows tidak dapat beroperasi dengan baik atau bahkan tidak dapat digunakan lagi. Terpaksalah kita harus menginstall ulang Windows.
Jika suatu saat kita mendapatkan pesan kerusakan registry, jangan terburu-buru menginstall ulang Windows. Cobalah booting dengan CD bootable. Setelah itu :
1.     Masuklah ke direktori Windows dengan mengetikkan ´cd windows”. Berikutnya, hapus atribut system dan hidden pada file registry yang bernama system.dat dan user.dat dengan mengetikkan perintah berikut : C:\WINDOWS>attrib –s  -h system.dat
C:\WINDOWS>attrib –s –h user.dat
2.     Kemudian ubah nama kedua file registry tadi sebagai back up dengan perintah :
C:\WINDOWS>ren system.dat system.bup
C:\WINDOWS>ren user.dat user.bup
3.     Dengan perintah berikut, salin file back up yang sudah dibuat oleh Windows untuk digunakan sebagai file registry kamu :
C:\WINDOWS>copy system.da0 system.dat
C:\WINDOWS>copy user.da0 user.dat
4.     Selanjutnya,berikan atribut system dan hidden pada kedua file registry yang baru kamu buat dengan perintah :
C:\WINDOWS>attrib +s +h system.dat
C:\WINDOWS>attrib +s +h user.dat
5.     Sekarang restart komputer. Jika file-file backup registry kamu sebelumnya masih dalam keadaan baik dan kamu tidak melakukan kesalahan dalam proses diatas,seharusnya windows dapat beroperasi dengan normal kembali. Tapi jika cara diatas masih tidak dapat membantu kamu, mungkin menginstal ulang Windows adalah salah satu cara terbaik. [sumber : PC+]