2011-01-14

Jeli dengan Masalah di PC


Yang namanya komputer, mau pakai processor core 2 duo, tiga atau limo, pasti ada masalahnya. meski sudah memakai prosesor tercepat diseluruh planet Bumi, komputer dengan core i7 juga bukan berarti bebas hambatan.

MASALAH UMUM PADA DESKTOP
1.       Masalah : pc sering crash atau restart, begitu dihidupkan kembali dan masuk BIOS,sementara presesor cukup panas meski kondisi kipas bagus.kenapa ini?
Solusi : mengganti heatsink posesor dengan yang lebih bagus memang mmpu mendinginkan si prosesor secara lebih baik. Akan tetapi itu saja belum cukup. Kamu perlu juga memperhatikan sirkulasi udara dari dalam PC ke luar dan sebaliknya.
                                Coba pasang satu kipas penghisap udara dibagian depan casing dan satu kipas penghembus udara panas ke luar di bagian belakang casing. Ini akan membantu menyejukkan suhu ruangan didalam casing. Perhatikan pula kabel-kabel didalam casing, jangan sampai mengganggu aliran udara yang lewat.
2.       Masalah : Komputer sekarang sudah sejuk. Tapi anehnya, setelah saya rapikan jeroannya, sekarang kalau tersenggol sedikit saja dia restart. Padahal tidak ada komponen yang salah pasang.
Solusi : hal semacam ini jamak terjadi bila terjadi kontak antara komponen yang dialiri listrik dan casing. Coba periksa kembali dan kencangkan pemasangan komponen-komponen yang ada didalam komputer. Bila casing yang kamu gunakan bukan casing high end yang memiliki tingkat presisi tinggi, coba gunakan pelapis antara motherboard dengan pelat dudukannya di casing sebelum dipasangi sekrup. Demikian pula dengan komponen-komponen lain isalnya kartu VGA atau konektor daya.
3.       Masalah : komputer sudah sejuk, Restart sudahtidak terjadi. Tapi kok suaranya bising walaupun komputer itu Cuma dipakai untuk browsing internet?

Solusi : kemungkinan kamu tidak mengubah setting pendinginan di BIOS motherboard agar ia secara otomatis menurunkan kecepatan putar kipas saat prosesor tidak sedang bekerja keras. Aktifkan fitur CPU Smart Fan atau fitur serupa dengan lain di motherboard.
  
MASALAH UMUM PADA SISTEM OPERASI
1.       Masalah : saat sedang asyik bekerja, mendadak komputer memunculkan layar biru atau dia restart sendiri. Ada apa gerangan ?

Solusi : ada banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan seperti ini. Kerusakan pada sistem operasi, misalnya akibat shutdown yang tidak benar bisa menjadi penyebab. Coba perbaiki sistem operasi dengan menggunakan restore atau yang paling gampang install ulang.
                Komponen yang tidak kompatibel satu sama lain atau sudah mulai mengalami kerusakan juga bisa jadi sumber masalah. Kalau kamu memakai dua modul memori coba lepas dulu salah satunya.
                Pastikan juga kamu sudah menginstalasikan driver yang tepat untuk tiap-tiap komponen. Syukur-syukur driver versi terbaru. Demikian pula untuk tambalan (patch) milik sistem operasi. Sebaiknya selalu lakukan update.

2.       Masalah : blue screen of Death sudah tidak pernah terjadi. Tetapi herannya, komputer masih tetap hang saat terhubung ke internet. Gejalanya, browsing melamban dan kemudian tidak berkutik. Apa pasal ?

Solusi : gejala seperti ini umum terjadi kalau komputer yang digunakan mengandung virus, trojan, atau worm didalamnya. Jika aktif, ia akan menghabiskan resource komputertermasuk bandwidth internet untuk berkembang biak dan menularkan ke komputer lain. Ini menyebabkan komputer melambat dan kemudian hang.
                Coba periksa komputer kamu dari serangan malware atau program-program jahat itu dan pastikan sudah bersih. Sebelum terhubung ke internet, jangan lupa selalu gunakan perlindungan untuk komputer, minimal antivirus yang selalu terupdate setiap saat.

MASALAH UMUM PADA LAPTOP
1.       Masalah : saya punya notebook dengan spesifikasi yang biasa-biasa saja. Malah prosesor yang saya gunakan adalah prosesor hemat energi yang suhunya rendah. Tapi mengapa notebook ini kadang tetap saja menjadi lemot dan malah mati mendadak?

Solusi : kinerja notebook yang menurun (throtling) atau malah shutdown mendadak merupakan tanda pasti bahwa notebook tersebut, khususnya prosesornya, kepanasan. Sebaiknya, gunakan notebook di permukaan yang rata agar aliran udara dibawah casing notebook tidak terhambat. Lupakan meletakkan notebook di pangkuan ataupun mengetik sambil berbaring di tempat tidur.
                Solusi lain, bersihkan ventilasi yang ada disisi kiri-kanan atau belakang dan juga dibawah notebook. Bila perlu , gunakan dudukan notebook yang memiliki kipas penyejuk udara. Jika anda yakin cukup mahir dalam membongkar pasang casing notebook anda, silahkan bersihkan kipas-kipas pendinginan prosesor dan chip lain di pada motherboard notebook.

2.       Masalah : sistem operasi saya kurang detail dalam memberikan informasi seputar kondisi baterai notebook saya saat ini. Ada cara lain ?

Solusi : untuk mengetahui apakah baterai yang kamu pakai masih mampu menyimpan energi sebagaimana mestinya. Coba gunakan utility seperti RightMark CPU Clock Utility. Aplikasi ini bisa memberitahukan beberapa kapasitas asli baterai, kapasitas maksimum baterai saat ini, berapa waktu yang tersisa hingga kapasitas energi baterai habis, voltas, dan informasi lain terkait baterai tersebut. Saat baterai diisi, utility ini juga menampilkan informasi perkiraan berapa lama lagi baterai tersebut akan terisi penuh. (PC+)