2011-01-23

Berhemat dengan Power Plan


Mari berhemat dengan power plan
Masalah pengelolaan daya isu yang sensitive bagi mereka yang mobile. Di windows vista, hal ini diperbaiki sedemiian rupa untuk mengoptimalkan penggunaanya. Panel control Windows telah menyediakan tiga power plan yang akan membantu anda mengatur penggunaan daya pada system.
Ketiga power plan yang dimaksud adalah balanced, power saver, dan high performance. Pada plan Balance, system operasi secara otomatis akan menyeimbangan antara konsumsi energy dan performa system.
Opsi yang kedua, Power saver, akan mengusahakan semaksimal mungkin agar penggunaan baterai mencapai tingkat optimal. Langkah ini akan mengurangi performa system tapi sekaligus memperpanjang “umur “baterai.
Pilihan yang terakhir, High performance, cenderung lebih berpihak pada performa system secara keseluruhan. Alhasil, penggunaan baterai akan menjadi boros. Apabila kita merasa kurang nyaman dengan tiga opsi yang tersedia, kita dapat membuat sendiri power plan baru yang sesuai dengan kebutuhan kita. Langkah-langkahnya sebagai berikut ;
1.     Klik “ start > Control Panel >Change battery setting” untuk membuka jendela Power Options.
2.     Saat jendela Power Options terbuka, kita akan melihat power plan standar yang telah dibuat oleh windows, yakni Power saver, balanced, dan high performance. Untuk membuat power plan baru, klik menu “ Create a power plan”.
3.     Beri nama baru untuk Power plan kita pada kolom “plan name”. setelah itu klik Next.
4.     Dijendela berikutnya, kita akan diberi akses untuk mengatur setting computer saat notebook menggunakan daya dari baterai atau satutan daya listrik. Aturlah waktu idle yang kita inginkan pada combo box yang tersedia. Untuk menghemat daya, atur pula tingkat kecerahan layar dengan menggeser slider yang tersedia.
5.     Jika semua setting telah beres diuatk-atik, klik tombol “create”.
6.     Sesaat kemudian, kita akan melihat power plan buatan kita sendiri pada daftar Power Options.
7.     Klik Power Plan tersebut untuk mengaktifkannya di computer. [PC+]