2012-12-21

Memotong Bad Sector pada HDD

Hardisk bad sector adalah hal yang paling di takuti para pengguna komputer. Bad sector hardisk bisa mengakibatkan komputer kita menjadi sering eror, lambat, kinerja komputer menjadi lemah. Bad sector Hardisk mempunyai 2 kriteria. bad sector mekanik, yaitu kerusakan hardisk yang di akibatkan karena kerusakan fisik, misal seperti tergores, terkena debu, terkena benturan keras dan sebaiknya. Sedangkan yang kedua adalah bad sector software, yaitu kerusakan hardisk terjadi karena seringnya komputer yang mati mendadak, sehingga hardisk yang sedang sibuk tiba-tiba mati, atau arus putus, crash program di dalamnya dan sebagainya.

    Bagi yang mengalami bad sector mekanik (fisik), sangat susah untuk memperbaikinya. Jalan lain dari itu mungkin anda musti mengganti dengan hardisk yang baru. Sedangkan bagi yang mengalami bad sector software, karena masih bisa ditangani, maka di sini saya akan memberika beberapa tips agar hardisk yang mengalami bad sector software bisa kembali normal.

    Langkah Awal : Coba format drive atau hardisk yang terdapat bad sector dengan format biasa, misalnya melalui klik kanan di Windows Explorer dan pilih format. Terkadang hal ini bisa menghilangkan bad sector.

    Jika langlah awal tersebut tidak berhasil maka bisa dicoba beberapa cara dengan beberapa software gratis berikut:

    1. Easeus Partition Manager

    Software gratis ini selain bermanfaat untuk membuat / mengedit partisi hardisk ( tampilan mirip Partition Magic), juga bisa digunakan untuk menghilangkan bad sector. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

    1. Jalankan Program Easeus partition Manager

    2. Pilih drive yang kira-kira ada bad sectornya ( untuk memastikan ada bad sectornya bisa juga di scan melalui easeus ini denganklik kanan drive Pilih menu Advanced > Check Partition )

      memperbaiki bad sector hardisk Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

      memperbaiki bad sector hardisk

    3. Klik kanan, dan pilih Delete

      memperbaiki bad sector hardisk 2 Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

      memperbaiki bad sector hardisk 2

    4. Ketika muncul informasi, maka pilih “Delete Partition and Delete Data”memperbaiki bad sector hardisk 3 Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

    5. Kalau sudah selesai, klik menu Applymemperbaiki bad sector hardisk 4 Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

    6. Dan tunggu sampai selesai

      1. Nah jika cara di atas belum juga bisa mengatasi bad sector hardisk anda, gunakan Software Spinrite