2012-10-19

Tips Menghemat Baterai Laptop

  1. Discharge baterai ke 50-70% dan keluarkan baterai jika notebook akan disimpan (dimatikan dan tidak dicolokkan ke listrik AC) selama lebih dari satu bulan.

  2. Simpan baterai Li-Ion baterai antara 20 ° C dan 25 ° C (68 ° F dan 77 ° F) dengan daya 50% sampai 70%.

  3. Jangan membongkar, menggilas, atau menusuk baterai, jangan hubung singkat kontak eksternal pada baterai, dan, jangan membuang baterai ke dalam api atau air.

  4. Jangan biarkan baterai terkena suhu tinggi untuk waktu yang lama. Paparan berkepanjangan terhadap panas (misalnya, di dalam mobil yang panas) mempercepat kerusakan sel Li-Ion.

  5. Jika baterai akan berada dalam penyimpanan lama, memeriksa kapasitas setiap enam bulan dan mengisi ulang sampai 50-70%.

  6. Jika Anda memiliki pilihan jenis baterai untuk digunakan dengan komputer Anda, gunakan jenis baterai dengan kapasitas tertinggi (Ah) rating.

  7. Jalankan Pemeriksaan Baterai dalam Asisten Dukungan HP sebulan sekali untuk menjaga baterai.

  8. Kalibrasi baterai berdasarkan pada hasil yang ditunjukkan pada Asisten Dukungan HP. Dalam penggunaan normal, baterai harus dikalibrasi minimal sekali setiap 2 - 3 bulan, namun, baterai yang jarang habis sepenuhnya, harus dikalibrasi sekitar sebulan sekali.

  9. Jauhkan baterai dari anak-anak.

  10. Gunakan hanya baterai yang disediakan dengan komputer, baterai pengganti yang disediakan oleh HP, atau baterai kompatibel yang dibeli sebagai aksesori.

      Jika baterai tertanam di komputer Anda, praktek-praktek berikut disarankan:

      1. 1. Jika notebook tidak digunakan selama lebih dari tiga bulan, debit baterai sekitar 70% sebelum menyimpan. Untuk penyimpanan lama, memeriksa kapasitas baterai setiap enam bulan dan diisi kembali hingga 70%. Selalu menyimpan notebook antara 20 º C dan 25 º C (68 º F dan 77 º F).:

      2. 2. Jika notebook ini digunakan terutama pada listrik AC, memungkinkan baterai untuk melepaskan sepenuhnya dan mengisi ulang sekali per bulan. 

          Tips untuk menghemat daya baterai Gunakan tips-tips untuk mengubah konsumsi daya komputer notebook Anda dan menghemat daya baterai.

          1. Mengurangi jumlah aplikasi yang terbuka. Setiap aplikasi perangkat lunak terbuka menggunakan memori dan daya, bahkan ketika jendela aplikasi diminimalkan. Tutup aplikasi software untuk menghemat daya baterai.

          2. Mengurangi kecerahan layar ke tingkat minimum dibaca. Gunakan tombol Fn dan F7 atau tombol F8 untuk mengatur kecerahan.

          3. Hapus peripheral bila tidak digunakan. Hard drive eksternal, CD-ROM, Zip drive, kartu PC, dan perangkat periferal lain dapat menarik daya dari baterai Anda bahkan ketika mereka tidak sedang digunakan. Putuskan mereka ketika Anda selesai menggunakannya.

          4. Mengurangi kecepatan prosesor Anda. Semakin cepat komputer Anda bekerja, semakin cepat menggunakan pasokan listrik. Anda dapat memperpanjang muatan baterai Anda dengan memperlambat kecepatan prosesor Anda. Metode untuk mengurangi kecepatan prosesor bervariasi dari model ke model, dan manual Anda harus memberikan petunjuk untuk melakukannya.

          5. Matikan tombol On-Off Wireless bila tidak digunakan. Jika notebook Anda memiliki satu, tekan Wireless On-Off sehingga cahaya akan mati.

            Mengubah pengaturan power option. Pilih salah satu HP Rekomendasi atau Power

            Memaksimalkan rentang kapasitas dan hidup baterai

            Sadarilah kondisi lingkungan yang dapat mengurangi masa pakai baterai, dan merawat baterai Anda untuk mendapatkan kehidupan yang paling dari itu.

            Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap hilangnya kapasitas baterai

          6. Li-Ion sel baterai menderita bertahap, kehilangan kapasitas ireversibel dengan setiap siklus debit-charge. Penuaan tersebut terjadi lebih cepat karena suhu dan debit peningkatan beban.

          7. Energi dari baterai Li-Ion menurun bahkan ketika baterai yang tersisa dalam sebuah notebook unpowered.

          8. Selama penyimpanan lama atau non-penggunaan, daya baterai dapat menurunkan bawah direkomendasikan tingkat tegangan rendah.

          9. Membiarkan baterai dalam kondisi habis untuk periode yang diperpanjang dapat menyebabkan baterai untuk masuk ke kondisi tegangan rendah dan menjadi tidak dapat digunakan. Membiarkan baterai pada tingkat tinggi muatan dalam lingkungan suhu tinggi untuk waktu yang lama (misalnya, menjalankan komputer notebook dalam sebuah docking station di bawah beban berat) juga mempercepat hilangnya kapasitas.

          10. Menggunakan perangkat lunak untuk pengolahan grafis atau high-definition video mempercepat hilangnya kapasitas. Misalnya, bermain game 3D menurunkan kapasitas muatan penuh lebih cepat daripada menggunakan aplikasi pengolah kata. Dari sumber terpercaya http://h10025.www1.hp.com/ewfrf/wc/documentSubCategory?tmp_rule=8302&tmp_task=solveCategory&cc=us&dlc=en&lc=en&product=5117395