2011-02-02

Utak-atik menu Microsoft Office


Bahasa yang digunakan pada antarmuka Microsoft Office biasanya adalah bahasa inggris meski sebetulnya juga yang bahasa mandarin, arab dan sebagainya. Jarang sekali berbahasa Indonesia. Tapi sekarang ada LIP (language interface pack) bahsa Indonesia yang disediakan Microsoft. Berikut langkah-langkah untuk melakukan perubahan:
1.      Klik [start] – [all program] – [Microsoft office] – kemudian pilih salah satu aplikasi office. Trik ini menggunakan microsft word 2003. Kita juga boleh memilih aplikasi office lainnya seperti excel, access, atau yang lainnya.
2.      Kalau sudah terbuka, klik kanan pada menu bar diatas dan pilih [customize…]muncullah jendela customize. Tapi, perubahan tidak akan dilakukan dijendela ini, jadi abaikan saja jendela customize.
3.      Klik menu yang ingin diubah, misalnya menu [file], klik [file] lalu klik kanan [new…] untuk mengganti, ubah namanya pada bagian name]. misalnya, diganti dengan nama [baru..] itu cara untuk mengganti nama.
4.      Untuk mengganti ikon, klik kanan menu yang ingin diganti ikonnya, arahkan pointer ke [chage button image] dan sebuah submenu akan keluar, pilih ikon yang kita inginkan.
5.      Untuk menghilangkan ikon pada menu, klik kanan menu, pilih [text only (always0. Ikon akan hilang seketika.
6.      Untuk mengganti fungsi pilihan itu, klik kanan pada pilihan, klik [assign Hyperlink] > [open…]. Arahkan browser ke suatu aplikasi atau file. Kalau sudah, klik [ok]. Bias juga pilihan mengarah pada gambar dengan fungsi insert picture. Caranya klik kanan menu pilih [assign hyperlink] > [insert pictures….] pilih gambar dan tekan [ok]
7.      Lalu untuk mengurangi suatu menu, klik kanan suatu menu, pilih [delete] menu akan hilang, tutup jendela customize dengan mengklik [close]. Dan lihat perubahan pada menu-menu yang telah kita ubah.
Diatas adalah cara untuk customasi menu Microsoft office, kalau kita ingin kembali ke pengaturan awal, klik kanan menu bar, pilih [customize…] klik kanan menu dan pilih [reset]. [pc+]